Tuesday, July 10, 2012

Macicwa Bayu :3 (tips and trik in 3rd grade)

Hai Blogersss.. Gw mahasiswa lho sekarang! unyuh bgt kan :3 tiba-tiba gw seneng banget masuk Teknik Kimia UNDIP. Itu jurusan di incer banyak orang dan gw.... salah satunya yang.... lulus :') Buat adik-adik kelas gw yang kelas 3, gw punya "sesuatu" nih yang mau di bagi muahahaha.. Kelas 3 awal itu masa-masa nya galau. Kalian banyak mikir cara lulus PTN seperti kakak kakak kelas kalian yang baru aja pada lulus. Mending jangan galau, fokus aja sama pelajaran di kelas 3. Gak usah pusing sama PTN, serius deh. Awal kelas 3 itu mending kalian bagusin rapot aja untuk semester 5 biar kepilih undangan. Dan UN... Ini penting tapi jangan terlalu diambil pusing. Kalian pasti bisa lulus UN soalnya di semester 2 itu guru-guru bakal lebih asik bimbing kalian. Gw saranin sih, lo pada pinjem buku detik-detik kakak kelas kalian. Itu buku untuk persiapan UN. Dan kompetisi dasar nya sesuai banget sama standar UN. Biar gak kelabakan, ini kan masih libur, coba kalian iseng-iseng pelajari buku detik-detik itu. Dijamin, kedepan nya kalian bakal ngerasa lebih mudah dan tenang karena gak terlalu kelabakan untuk ngejar materi UN. Nah.. nanti bakal tiba waktunya kakak-kakak dateng ke kelas kalian untuk persentasiin universitas dan jurusan. Saat itu, baru deh kalian mikir mau masuk mana. Haha tapi untuk yang masih bingung, jangan khawatir... Percaya gw, pilihan kalian "di awal" pasti banyak yang berubah menjelang "pendaftaran SNMPTN" hem.. ini sih menurut pengalaman gw. Di awal kelas 3, gw ngebet di perminyakan. Dan yakin nanti mau daftar perminyakan ITB aja. Tapi, menjelang pendaftaran, pilihan itu berubah. Tau gak berubah kenapa? Gw liat website snmptn.ac.id web itu udah bisa diakses sekitar bulan hem gw lupa. Pokoknya pas sebelum undangan juga web itu udah bisa di akses. Di web itu terlihat daftar prodi snmptn, daya tampung, serta peminat di tahun sebelumnya. Untuk FTTM, hehe itu banyak pesaing, kalo di itung-itung bisa 1 banding 30an. Artinya, gw berani gak ngelawan 30 orang itu untuk memperebutkan kursi/daya tampung di fttm. Awalnya sih masih yakin, bisalah pasti bisa, kalo ada kemauan pasti bisa. Tapi setelah berunding sama ortu, dengan banyak pertimbangan, akhirnya gw pilih farmasi ITB sama Teknik Kimia UNDIP. Pilihan gw jujur, sama-sama tinggi menurut passing grade tempat les gw. Passing grade farmasi itu 60an. Sedangkan Tekkim, 55. Tapi gw berani walau Try Out belum pernah mencapai grade setinggi itu -_- NAH INI YANG PENTING! Lo gak usah liat passing grade. Lo gak usah percaya sama guru bimbel lo. Waktu itu gw disaranin sama guru bimbel untuk milih PTN yg lebih realistis kalo dilihat dari hasil TO gw. Nilai TO gw dulu gak bisa nembus 50 -_______-v paling besar waktu itu 47, tapiiiiii... ada tapi nya haha. yg nilai 47 itu kebetulan masih ada nanya temen -_- jangan di tiru nih haha. TO itu kerjain sendiri! Rugi kalo liat temen, lo gak bisa ngukur kemampuan lo. Adik-adik tercinta, please jangan ikutin passing grade dan omongan guru bimbel deh pokoknya! Jangan sampe kena hasud ya! Kalian harus berani dan yakin sama kemampuan yang kalian punya. Yakin kalian bisa masuk UI, ITB, UNPAD, UNDIP, UGM, dllllll.... Hayooo semangat.. Nah apalagi isu isu nya tahun kalian udah gak ada SNMPTN tulis -_- lebih enak noh. Ngarepin undangan ajahh, makanya nilai rapot harus bagus! Apalagi kalian kebantu sama alumni-alumni yang udah sukses di PTN. Ohiya, ini yang paling penting, kalian minta doa sama orang-orang banyak. Minta doa sama ortu kalian. Sesama teman juga harus saling mendoakan. Terutama sama Allah. Allah akan mendengar doa yang sungguh-sungguh. Walau orang lain bisa saja meragukan kemampuan kita, tapi belum tentu di mata Allah. Masih ada harapan. Masih ada yang namanya keajaiban. Bismillah, sungguh-sungguh mintanya :) SEMANGAT YA :* 


Disini gw gak menggurui :) cuma share pengalaman pribadi aja :) hehe. YOYOYOOO kita semua pasti bisa! Doain gw btw yah :') lancar jalanin kehidupan baru sebagai mahasiswa :') semoga bisa jadi ahli kimia terrrrr-baik :') lagi-lagi, semua itu berawal dari mimpi! Wassalamualaikum.

No comments:

Post a Comment