Wednesday, March 15, 2017

Cerita AASM UNILEVER 2016! (part 2)

Ceritanya dilanjut lagi ya... (link sebelumnya).

Proses selanjutnya, Online Personality Test, atau Test DISC, eits.. jangan salah, test disc bukan test discount ya. (gue kira awalnya gitu haha), lalu pas browsing ternyata test kepribadian kaya nunjukin kita tuh orang yang seperti apa. Kalau kalian browsing, banyak loh contoh test nya.
TIPS: Jadi diri sendiri itu better than pretending like another person. Lalu jawab soal nya harus cepet dan jangan ada yang  ke skip ataupun times out. Karena nanti kalo waktu keburu abis, jawaban kalian gak bisa di save. (Well... good luck)

As time goes by, gue dapet email lagi untuk ke tahap selanjutnya (alhamdulillah). Isinya berupa tugas yang nantinya akan dipresentasikan individu di depan user. Individual Assignment & Depth Interview namanya. Isi tugasnya (kalo waktu gue).. membandingkan dua toko ramai dan sepi pengunjung, jarak antar toko tidak jauh, gambar peta, keadaan dan suasana toko, serta informasi-informasi penunjang lainnya. Gue melakukan pendekatan ke toko yang deket rumah (keuntungannya, kenal dengan pemilik). Sebaiknya, harus banyak gali informasi ke penjual. Terutama, pendapatan, keuntungan, barang yang paling banyak laku apa, harganya berapa (sebelum lupa, jadi waktu presentasi nanti, ditanya kaya harga galon, harga aqua. Jadi prepare aja harga sekarang berapa :p). Di power point, gue cuma tampilin gambar dan tabel (jadi untuk penjelasan, gue buat catatan sendiri).

Pada hari H, bertemulah gue dengan teman teman yang lolos sampai tahap ini juga. Karena ini AASM jakarta, jadi yang asalnya diluar jabodetabek, dapet "uang sangu", diamplopin gitu untuk temen-temen yang dari Aceh, Jogja, Padang, Makasar, macem-macem deh kumpul jadi satu (keren!). And you know what... karena acara nya pagi, gue dateng malah kepagian, jam 6 sudah sampai hehe (jadi orang pertama yang dateng). Ohiya, jangan lupa berpakaian rapih ya, karena semua nya pada pakai pakaian rapih bangettttt. Gue rada deg deg an tapi sisi lain gue tenang karena ngeliat temen-temen banyak. Gak ada yang gue kenal. Ruangan di bagi jadi 4, urutan masuk berdasarkan abjad nama, jadi gue di ruang 1 dan urutan ke-6. My lucky number (I thought). Selama nunggu, gue kenalan sama teman-teman di sana. Banyak yang bolos kerja :p.

Pas giliran gue, lagi lagi gue diruangan dengan sesosok HR yang waktu itu interview gue di awal, so.. gue rasa "gue ada temen nya" walau belum tentu beliau masih inget gue haha. AND BOOM! LIKE REALLY BOOM! GUE SERASA LAGI SIDANG DI DALEM. User nya ada 3 orang + 1 orang HR tersebut. User nya bapak bapak semua (dan kebetulan emang yang paling kejam, "katanya"). Intinya presentasi gue diawal yang menurut beliau gak penting, di skip saja langsung ke tabel atau point point yang udah gue buat. p.s: jangan lupa pegang kertas atau notes kecil ditangan kalian ya guys pas presentasi, karena pasti ditanya perhitungan dan angka angka yang kita sajikan dalam presentasi kita tersebut. Jadi... bisalah nyoret nyoret ngitung :")). Down banget gue didalem, kondisinya sama persis kek gue sidang, apa yang gue sajikan disalah salahin, lalu gue dibilang anak manja karena dateng sama bokap, dicibir gimana mau kerja kalo manja gini, tapi respon gue cuma senyum dan cengir gituuu hehe emang aslinya polos kali ya (yakale wk) (apasih heboh sendiri). DAN DAN DAN..... kayanya gue lama bett didalem, pas disuruh keluar, gue nyamperin temen-temen diluar, eh bego nya tas gue ketinggalan didalam ruangan :)) gue masuk lagi ke ruangan lalu di ketawain "tas nya ketinggalan ya" like that huff lucu juga sih.

Blablabla pada tukeran cerita, gue bilang udah pesimis karena dibantai banget, lalu gue ke lantai bawah nemuin bokap gue, lalu cerita dan pesimis bet lah intinya, like kacau gitu di dalem. Pas jam makan siang dikasih hokben (yeayyy) iya gue makan di bawah sama bokap itu sambil cerita. Sesudah makan lalu shalat bareng temen. Di toilet kantor nya banyak pepsodent dan sikat gigi, jadi karyawan di sini sesudah makan siang pada sikat gigi (produk unilever dongg... keren banget kannn... I really wanna be part of this family, I said).

Jadi,, disini akan diadakan 2 test sekaligus, jika lolos presentasi tersebut, langsung depth interview. Jadi ada momen dimana kita ngeliat temen atau kita sendiri yang gugur. Langsung sedih gitu gue. Satu sisi yakin banget "wah lepas nih" lalu satu sisi "gak mau sia-siain perjuangan orang tua gue" :( jadi gue cuma pasrah dan berdoa.

Sehabis Dzuhur, langsung diumumin siapa yang lolos enggak nya. Ada 14 orang yang lolos. Alhamdulillah masih diberi kesempatan untuk lanjut. Dalam hati gue percaya sama yang namanya takdir, jodoh, segala macem, tinggal usaha maksimal. 

Depth Interview, ada 6 orang didalam ruangan, (4 user dan 2 HR), gue berada di depan tengah-tengan mereka. Tahap ini tahap paling enjoy. Gak ada yang perlu ditegangin (menurut gue), jadi lebih nyeritain tentang diri sendiri, pengalaman, dan lain lain nya, lalu beberapa jokes dari user dan pertanyaan pertanyaan lucu. Kaya sebutin kota kota di Indonesia. Lalu kalo ditempatin dipedalaman mau tidak. Lalu ada yang usil nanya matematika karena beliau ngeliat gue anak teknik kimia, jadi beliau pake alasan itu. Berapa lama ya didalam ruangan... kata temen-temen sih gue didalem lama bangettt, tapi gue gak ngerasa lama, karena dibawa fun (lagi lagi fun) dan enjoy.

Selanjutnya, di email kembali kalo kami lulus depth interview (alhamdulillah) dan lanjut ke MEDCHECK, idk why... gue hanya kepikiran, kalo emang jodoh, gak kemana, that's it. Dan medcheck ini seperti medcheck pada umumnya. Next, OFFERING and... once again, good luck! Terima kasih mama papa dan semuanya.

65 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. kak mau tnya wktu presentasi itu pakai bhs inggris ?

    ReplyDelete
  3. Hai kak,
    Saya mau tanya, untuk tes yang kakak lalui semuanya dengan bahasa inggris kah? Atau hanya di bagian interview awal tadi saja?
    oiya kak, kan ini kakak ditraining 1 tahun kan ya brarti? selama training itu udah pasti bakal kerja di ULI atau masih bisa diberhentikan selama proses training (semacam eliminasi gt)?
    Terimakasih ya Kak, aku tunggu balasannya :)
    Salam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Dian,

      tahapan interview awal aja dengan bahasa inggris. iyap 12bln training. sudah kerja di ULI, sudah dapat NIP juga, dapat hak hak karyawan. Selama prosesnya itu... tergantung kita masing-masing (tough or not) kalo eliminasi gak ada

      Delete
    2. Ohiya, maksudnya eliminasi tidak, tetapi bisa dinyatakan fail dalam kurun waktu 12bln tsb karna ada evaluasi monitoring juga (kaya MT) management training

      Delete
  4. Mbak, mau nanya. Dari proses awal tes sampe akhir itu memakan waktu berapa lama ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampe medcheck nya paling sebulanan kali ya wkwk apa 2 bulan, november, desember saya udah medcheck

      Delete
  5. thanks mba nurmelia untuk pengalaman dan informasinya...

    Bermanfaat banget...
    doakan yadilancarkan proses recruitmentnya dan lulus sebagai aasm di Unilever. gw baru daftar sebagai AASM di bulan oktober ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oceyy nanti kabarin lagi kalo ke tahap selanjutnya hehe ku bisa sharing. good luck

      Delete
  6. sekarang mba masih sebagai AASM di Unilever?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saat ini masih, training nya 12 bulan huehehe

      Delete
  7. Mba saya mau tanya kalau semisal gak bisa bhs inggris lalu di interview awal gimana ya mba? Mohon informasinya ya mba?
    Dan dalam 1 bacth yang diterima ada berapa orang mba?
    Terimakasih mna atas infonya berguna banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran saya, buat aja catatan utk diapalin hehe buat perkenalan diri basa basi gituu. pasti bisa kukss.
      di batch saya 13 orang.
      eyyy sama sama huhu :")

      Delete
  8. Thank you mba udah sharing tentang prosesnya.
    Mau tanya itu jeda diinfokan lolos ke tahap selanjutnya berapa lama ya dari initial interview ke Online Personality Test? apakah yang tidak lolos ke tahap selanjutnya akan di email juga?
    Mohon infonya ya mba, terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama :) terima kasih sudah membaca
      waktu jaman saya, proses nya cepat, November awal rekrutmen, bulan desember udah medcheck. sepertinya akan diinfokan jika tidak lolos

      Delete
  9. hai kak, terimakasih banyak atas info nya alhamdulillah setelah saya ikutin, hal2 yg kaka lakukan, kemarin saat initial interview saya lolos.. skrg lanjut ke psikotes online kak, saya mau tanya kak berarti penerimaan aasm ini tidak hanya di grha unilever bsd ya kak? jd dari lain kota jg ada proses penerimaan spt ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, iya ada dari berbagai kota, bahkan terkadang diselenggarakan di universitas manaaaa gitu. Good luck ya :)

      Delete
    2. terimakasih banyak kak, senang bisa berbicara dgn kaka :)

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ka Fadli saya mau bertanya, ka fadli daftar aasm kapan ya ka? Apa tggl 10 oktober ini?
      Terimakasih ka

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. pengumumannya semua berlangsung cepat kok (waktu jaman saya juga seperti itu, cepat) wah semakin dekat ke tahap selanjutnya ya! good luckk ><

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
    5. halo kak mau tanya apakah kaka sudah dapat email lg setelah psikotest? terimaksih kak

      Delete
    6. This comment has been removed by the author.

      Delete
    7. This comment has been removed by the author.

      Delete
    8. halo kak mau tanya lagi hehe kaka udh dpt email lg dr Unilever blm kak hehe

      Delete
    9. This comment has been removed by the author.

      Delete
    10. halo semuanya mau tanya apakah sudah ada yg dpt email dr unilever lg stlh disc online? terimakasii

      Delete
  11. Saya juga belum dapet email lagi setelah 8 hari ngisi disc assessment. Yg sudah dapat email, kabar2 yaa :)

    ReplyDelete
  12. Haloo mba, penempatn mana nih? Klo boleh mau minta email/kontaknya gitu. Kebetulan sy bru 1bln training. Siapa tau bisa sharing2 pengalaman.thanks before

    ReplyDelete
  13. Halo mba, terimakasih informasinya sangat bermanfaat.
    Sya skrg masih proses rekrutmen AASM uli.
    Yg mau saya tanyakan, setelah lolos rekrutmen dan training 12 bulan ini udah boleh menikah belum ya, apa harus jomblo slama training ? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo, sama-sama. Menikah boleh boleh saja haha gak ada larangan

      Delete
  14. hallo mba nur, kalo ada info loker di unilever sbg aasm kabari ya mba, sepertinya saya berminat. sama kasih tau link pendaftarannya ya mba. dulu saya dapet cuman liat dari brosur aja.
    makasih...

    ReplyDelete
  15. Dear kak Nuramelia

    Kak saya mau tanya kan after test DiSC itu kita disuruh konfirmasi online ke email. Itu ke email hr atau ke email yang ngelink ke website test ya kak? Thanks banget artikelnya helpfull 😊😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii, Sama-sama, senang bisa membantu. konfirmasi ke email HR nya :)

      Delete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. halo mbak,
    saya dapet undangan tes pada tanggal 27 nanti aasm uli di Grha Unilever BSD Office.

    mbak bisa tolong infoin point point penting aja gak mbak, apa saja yang mesti dipersiapkan.
    sperti : - introduce our self (eng)
    - hitung diskon
    ada lagi kah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh.. good luck ya!!
      udahsih, lalu selebihnya tunjukin kalau kita mampu ditempatkan di seluruh area, lalu pasti ditanya, punya pengalaman dalam bidang sales gak, entah itu waktu pensi, kuliah, ceritakan saja

      Delete
    2. siap terimakasih mbak,
      tulisannya inspiratif nih,
      nanti saya tnya - tnya lagi ya mbak, kalau utk tahapan slanjutnya
      heehehe

      Delete
    3. Bro,ente interview tanggal 27? Udah dapet email buat jam interviewnya? Saya belum padahal udah isi form yang 8 halaman itu

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
  19. Mba mau tanya dong kan saya dapat email buat initial interview,nah disuruh form yang 8 halaman,tapi saya isinya pake bahasa indonesia dan udah dikirim. Tapi saya sampe sekarang belum di email buat jadwal jam berapa interviewnya,ini gimana ya? Apa saya datang saja ke kantornya sesuai perintah buat interview hari sabtu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu sampai dapat email saja, pasti kalau lulus screening form akan di email, yang initial interview pastinya yang diberi kabar untuk datang

      Delete
  20. Sudah dapat email mba dan besok jam10 pagi,minta doanya ya supaya initial interview dilancarkan dan lolos hehe
    Btw makasih ya mba buat sharing pengalamannya

    ReplyDelete
  21. mbak, saya mau nanya...saya kan dpt panggilan buat individual assignment presentation. nah yg ingin saya tanyakan apakah pas nnti persentasi boleh pake bahasa indonesia? dan utk cowok pakaian rapihnya seperti apa harus pake dasi atau gmn? dan yg terakhir, waktu dari depth interview ke medcheck itu brp hari ya mbak?

    maaf banyak nanya mbak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bebas waktu present gak ada ketentuan bahasa. Serapih rapih nya, biar ok aja di depan panelis, kan menghormati panelis juga kalau berpakaian rapih. waktunya cepet sih, tapi bisa berbeda beda di tiap recruitment. Iya gpp nanya aja hehe

      Delete
    2. makasi banyak ya mbak, berguna bgt bagi saya...
      semoga bisa ikutin jejak mbak hehe

      lain kali boleh kan nanya2 lg mbak ehe :)

      Delete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Penempatan dimana ya kak?

    Kebetulan ni sy lg cari2 dan pas unilever saya liat di karir.com sedang dibuka lowongan aasm

    Secara gaji thp dan lingkungan kerja enak ga sana kak?

    ReplyDelete
  24. selama malam kak, saya baru saja selee mengikui test disc online. kalau boleh tau periode kakak dulu yang lolos sampa dipanggil untuk menikuti tahap berikutnya berapa orang ya kak sebelum akhirnya depth interview menyisakkan 14 orang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Taufik, Congrats ya! Periode nya tergantung

      Delete
  25. Selamat malam kak, kebetulan saya sudah sampai di tahap medcheck dan tinggal menunggu hasilnya, untuk batch saya tes medcheck kemarin 11 orang saja, apa medcheck itu bisa mengguggurkan kak? Terima kasih

    ReplyDelete
  26. Selamat sore kak, maaf saya mau tanya, saya dpt email untuk mengikuti tes initial tanggal 18 Maret, dan dalam email tersebut terdapat konfirmasi kehadiran dengan batas maksimal tanggal 13 Maret Jam 15.00, namun saya baru konfirmasi jam 16.30, apakah untuk tes initial saya masih diperkenankan hadir kak? Mohon pencerahannya ya kak, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah selamat!! masih bisaaa. good luck! sampai ketemu tanggal 18

      Delete
  27. Hallo. Share infonya, setelah intial interview tahap selanjutnya assessment online. Nah email assessment tersebut dari ...@unilever atau dari pihak ketiga ya? Thanks

    ReplyDelete
  28. Love your blog, actually before doing something I always search first to prepare. Thanks, kaka

    ReplyDelete