Thursday, January 17, 2013

Sense of Belonging


Sejak kapan memilih itu merupakan hal yang sangat enteng? Kampus expo atau keluarga? Keluarga yang saya maksud adalah keluarga totalitas di teknik kimia undip 2012. Banyak yang bertanya, apa itu keluarga? Bagi kami, keluarga merupakan tempat dimana kita saling mencintai, memiliki, menghargai, mendukung dengan ikhlas dan sifat nya abadi. Sense of belonging? Itu yang membuat kami berbeda dari jurusan atau bahkan kampus lain. Kita diperkenalkan apa arti keluarga sesungguhnya. Kita bukan sekedar teman. Kita rela berkorban untuk keluarga kita. Itu yang kami, terutama yang saya rasakan di teknik kimia undip ini. Tentu saja saya bangga memiliki mereka.

Saat ini, saya dihadapi dua pilihan, apakah saya harus hadir ke SMA untuk membawa nama teknik kimia undip ke adik-adik saya? Atau saya harus berkontribusi untuk keluarga, dan teknik kimia?

Mungkin, untuk membawa dan mempromosikan ‘apa itu teknik kimia’ ke adik-adik angkatan 8 di SMA saya dulu tidak hanya dengan cara saya harus ke sana sekarang. Saat ini, saya pun bisa berbagi info ke mereka. Jadi, mohon maaf sekali, Kak Citra nya belum bisa hadir :) sebagai cerita, papah saya pernah bilang seperti ini, “kamu sudah dewasa, kamu bisa memilih mana yang terpenting untuk kamu? Jika menurut mu kedua nya baik, lihat tujuan kedepan nya yang paling baik. Kalau tujuan kamu ikut cuma untuk pamer almamater ke sahabat-sahabat kalian dulu, buat apa? kamu belom jadi apa-apa. kamu gak berhak sombong kehadapan mereka. Tapi, kalau tujuan kamu ingin share pengalaman dan ilmu, itu semua bisa dilakukan dimana saja." Sebelumnya, saya sempet cerita ke papah kalau saya gak suka dengan sistem cgts yang dibaliknya (entah ada atau tidak, entah keliatan atau tidak) ada unsur pamer. Karena papah sudah berpengalaman akan hal ini, dia pun setuju dengan saya. 

Berbicara tentang kontribusi, saya sendiri ingin berkontribusi lebih untuk keluarga, teknik kimia, dan juga universitas. Jujur, saya sudah terlalu bangga dengan apa yang saya miliki sekarang. Karena saya benar-benar yakin, universitas dan jurusan lain gak ada yang system nya sehebat system di teknik kimia undip ini, dan saya bangga menjadi bagian dari mereka.

Guys, kalian tau? Apa yang kakak-kakak tingkat ini lakukan kepada kami memberikan buah-buah positif yang akan berguna bukan hanya dalam akademik, tetapi non akademik juga. Kakak-kakak tingkat benar-benar ingin kami menjadi pribadi yang berani serta bertanggung jawab. Berani berpendapat, berani angkat tangan, berani tampil di depan dan itu bisa kami dapatkan secara gratis karena sense of belonging ini. Kami tau, kakak tingkat benar-benar cinta kepada kami. Mungkin saya agak lebay mengutarakan apa yang saya rasakan selama ini. Tapi ini benar-benar terjadi di tempat saya berdiri sekarang.

Sense of Belongin, lama-lama tumbuh tanpa sadar karena hal-hal yang telah kami lakukan bareng. Di teknik kimia undip ini, bukan hanya ilmu yang kalian dapat, percaya sama saya, kekeluargaan yang hangat dan bisa buat kalian nyaman juga dapat di temukan disini. Rasa percaya diri dengan sendirinya timbul karena kalian pasti akan yakin, ada keluarga kalian yang akan bela, ada keluarga kalian yang siap dukung dan selalu ada saat kalian butuh. Hidup seperti ini, indah kan? :)

1 comment:

  1. Calon Ibu Insinyur yang satu ini memang Muantapp tenan..

    masih nyari clue-nya kah...???

    ReplyDelete